Pencarian

+

PROFIL PKBM ABU DZAR

  • HOME
  • PROFIL PKBM ABU DZAR
PROFIL PKBM ABU DZAR

Selayang Pandang


Berdirinya PKBM Abu Dzar bermula dari keinginan sebagian orangtua siswi SD Islam Abu Dzar yang menginginkan anandanya lanjut ke jenjang lebih tinggi khusus putri yang memiliki kurikulum tahfiz, bahasa Arab, dan diniyah. Awal mula berdirinya, PKBM Abu Dzar dikenal dengan SMP Islam Abu Dzar yang berkurikulum tahfiz dan bahasa Arab.


Pembelajaran di bawah payung SMP Islam Abu Dzar menimbulkan beberapa kendala pada bidang kurikulum. Kurikulum mandiri PKBM Abu Dzar agak kesulitan diterapkan pada lembaga pendidikan formal seperti ini. Di sisi lain, orangtua siswi menginginkan kurikulum mandiri berjalan maksimal dan efektif.

Untuk mengakomodasi keinginan orangtua dan keberlangsungan kurikulum mandiri Abu Dzar, SMP Abu Dzar akhirnya mengubah jalur pendidikannya ke jalur pendidikan nonformal. Jalur pendidikan nonformal yang ditempuh oleh PKBM Abu Dzar adalah pendidikan kesetaraan atau yang lebih dikenal dengan PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat). Jalur pendidikan ini memberikan jumlah SKK (Satuan Kredit Kompetensi) hanya 80 SKK untuk dua tahun (kelas VII dan VIII) dan 38 SKK untuk kelas IX. Rata-rata jam pelajaran yang akan ditempuh dengan sistem ini adalah 15 jam pelajaran perpekan. Hal inilah yang sangat memungkinkan PKBM Abu Dzar memasukkan kurikulum mandirinya berupa kurikulm tahfiz dan bahasa Arab.

Untuk mengembangkan kurikulum yang sudah dan sedang berjalan ini, peyusunan dan penetapan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dilihat sangat perlu dilakukan.


Landasan Hukum

  • Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas Pasal 36 sampai Pasal 38
  • Rapat kerja Yayasan Abu Dzar pada 21 Februari 2020
  • Program Kerja dan Pengembangan Sekolah serta Kalender Pendidikan PKBM Abu Dzar TA 2019/2020


Tujuan Pendidikan PKBM Abu Dzar


Tujuan pendidikan PKBM Abu Dzar adalah menguatkan kemampuan tahfiz dan bahasa asing (Arab dan Inggris) serta meningkatkan kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Testimonial

Facebook