Pencarian

+

KURIKULUM SD ISLAM ABU DZAR

  • HOME
  • KURIKULUM SD ISLAM ABU DZAR
KURIKULUM SD ISLAM ABU DZAR

KURIKULUM 2013

    Tema Pengembangan Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi (sesuai UU 20/2003). Semua mata pelajaran yang diajarkan harus berkontribusi terhadap pembentukan sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Penerapan kurikulum 2013 ini berangkat dari kebutuhan pendidikan Indonesia yang berbasis proses pembelajaran yang mengedepankan pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan mencoba (observation based learning) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Di samping itu, peserta didik dibiasakan untuk bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning.

    Hal lainnya yang menarik dalam kurikulum ini adalah langkah penguatan proses pembelajaran berupa penekanan kemampuan berbahasa sebagai alat komunikasi, pembawa pengetahuan dan berpikir logis, sistematis, dan kreatif. Sebagai penunjang pembelajaranpun, buku siswa lebih ditekankan pada activity base, bukan merupakan bahan bacaan semata. Setiap buku memuat model pembelajaran dan project yang akan dilakukan oleh siswa. Dalam penilaian, pendidik menekankan pada pertanyaan yang membutuhkan pemikiran mendalam (bukan sekadar hafalan); mengukur proses kerja siswa, bukan hanya hasil kerja siswa; dan menggunakan portofolio siswa.

    Tujuan dalam kurikulum 2013 ini adalah meningkatkan mutu proses dan hasil pendidikan, yang mengarah pada budi pekerti dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang sesuai dengan standar kompetesi lulusan pada setiap satuan pendidikan. Melalui implementasi kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi sekaligus berbasis karakter, dengan pendekatan tematik dan kontekstual diharapkan peserta didik mampu secara mandiri meningkatkan dan menggunakan pengetahuannya, mengkaji dan menginternalisasi serta mempersonalisasi nilai-nilai karakter dan akhlak mulia sehingga terwujud dalam perilaku sehari-hari.

    (E. Mulyasa, 2013: 7) Kurikulum 2013 lebih ditekankan pada pendidikan karakter, terutama pada tingkat dasar, yang akan menjadi pondasi bagi tingkat berikutnya. Melalui pengembangan kurikulum 2013 yang berbasis karakter dan kompetensi, kita berharap bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat, dan masyarakatnya memiliki nilai tambah (added value), dan nilai jual yang bisa ditawarkan kepada orang lain di dunia, sehingga kita bisa bersaing, bersanding dan bahkan bertanding dengan bangsa-bangsa lain. Hal ini dimungkinkan, kalau implementasi kurikulum 2013 betul-betul dapat menghasilkan insan yang produktif, kreatif, inovatif, dan berkarakter.

    Dari ulasan singkat terkait esensi dan implementasi Kurikulum 2013 di atas, diharapkan output dari implementasi kurikulum ini dapat sejalan dengan visi dan misi SD Islam Abu Dzar. Peserta didik diharapkan dapat menjadi seorang pembelajar yang tidak hanya cerdas secara kompetensi, namun yang paling utama adalah memiliki karakter untuk konsisten dalam bersikap dan berprilaku akhlak mulia di dalam keseharian peserta didik dan mampu bertahan hidup dimanapun mereka berada.

Testimonial

Facebook