Pencarian

+

DAUROH ANAK KELAS 1, 2, DAN 3 “ADAB BERTEMAN”

  • HOME
  • Artikel
  • DAUROH ANAK KELAS 1, 2, DAN 3 “ADAB BERTEMAN”
DAUROH ANAK KELAS 1, 2, DAN 3 “ADAB BERTEMAN”
DAUROH ANAK KELAS 1, 2, DAN 3 “ADAB BERTEMAN”

Menjadi teman dan punya teman menjadi sangat berarti untuk anak mulai di usia dini hingga berkembang terus pada tahun-tahun selanjutnya.

Tapi tak selalu hubungan pertemanan anak indah. Pasti akan ada juga konflik diantara mereka. Dalam pertemanan, anak akan menemukan juga pengalaman merasa kecewa, marah, bahkan rasa disakiti atau dikhianati. Sebaliknya, bukan tidak mungkin juga disadarinya atau tidak, mengecewakan, menyakiti, atau mengkhianati temannya.

Itu adalah fase yang normal dalam pertemanan. Itu juga menjadi bagian anak belajar tentang bagaimana caranya mengelola hubungan (kompleksitas) dalam hubungan sosial atau pertemanan.

Pagi ini, (27 November 2019) SD Islam Abu Dzar mengadakan dauroh khusus untuk murid kelas 1, 2, dan 3 yang bertemakan "Adab Berteman" bertempat di Masjid Imam Asy-Syafi'i dan diisi langsung oleh Ustadz Agung (Hafidzahullah) tepat pada pukul 07.00 WIB.

Salam dan pembukaan yang disampaikan oleh Ustadz Agung membuat anak-anak bersemangat dalam memulai kegiatan hari ini yang tidak seperti biasanya di kelas masing-masing. Yel-yel, jargon, mini games membuat anak-anak fokus, semangat, kompak dan bersorak sorai pada pembukaan yang disampaikan oleh Ustadz Agung.

Masuk ke dalam materi, anak-anak kembali diingatkan oleh Ustadz Agung sosok pentingnya seorang teman pada kehidupan kita sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari kita dihadapkan dengan orang lain, khususnya teman. Teman adalah sosok yang dekat hubungannya dengan kita meski ia bukan kerabat. Bagaimanakah Islam menuntunkan dalam memilih teman?

Rasulullah bersabda,

مَثَلُ الْجَلِيسِ الصَّالِحِ وَالْجَلِيسِ السَّوْءِ كَمَثَلِ صَاحِبِ الْمِسْكِ ، وَكِيرِ الْحَدَّادِ ، لاَ يَعْدَمُكَ مِنْ صَاحِبِ الْمِسْكِ إِمَّا تَشْتَرِيهِ ، أَوْ تَجِدُ رِيحَهُ ، وَكِيرُ الْحَدَّادِ يُحْرِقُ بَدَنَكَ أَوْ ثَوْبَكَ أَوْ تَجِدُ مِنْهُ رِيحًا خَبِيثَةً

“Seseorang yang duduk (berteman) dengan orang shalih dan orang yang jelek adalah bagaikan berteman dengan pemilik parfum Misik dan Pandai Besi. Jika engkau tidak dihadiahkan parfum Misik olehnya, engkau bisa membeli darinya atau minimal dapat harumnya. Adapun berteman dengan Pandai Besi, jika engkau tidak mendapati badan atau pakaianmu hangus terbakar, minimal engkau dapat aromanya yang tidak sedap.” (HR. Bukhari)

Sehingga teman sangat berpengaruh dalam kehidupan kita. Jika Anda ingin mengetahui karakter seseorang maka lihatlah siapakah teman dekatnya, sebagaimana dalam suatu hadits Rasulullah ,

الْمَرْءُ عَلَى دِينِ خَلِيلِهِ فَلْيَنْظُرْ أَحَدُكُمْ مَنْ يُخَالِلُ

“Seseorang akan mencocoki kebiasaan teman karibnya. Oleh karenanya, perhatikanlah siapa yang akan menjadi teman karib kalian.” (HR. Abu Dawud, at-Tirmidzi, dan Ahmad)

Hadits Nabi , dan ini shohih mengatakan bahwa: [المرأ مع من أحب]"Al-mar'u Ma'a man Ahabba" (seseorang itu akan bersama siapa yang ia cintai) maksud hadits tersebut ialah, seorang Muslim akan dibangkitkan nanti di hari kiamat dan dikumpulkan bersama orang-orang yang ia cintai.

Maka beruntung mereka yang mencintai orang-orang sholih, karena tempatnya indah dan nikmat. Karena sudah dijanjikan oleh Allah ‎سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى bahwa orang yang baik dan selalu beribadah tempatnya di surga. Jadi mencintai mereka sama saja membuat diri terselamatkan. Terlebih lagi jika yang dicintai itu seorang Nabi Muhammad .

Selanjutnya Ustadz Agung menyampaikan bagaimana cara agar menjadi teman yang baik, adab-adab yang dilakukan sebagai teman yang baik dan disenangi oleh semua orang, dan lain sebagainya. Diakhir acara Ustadz Agung membagikan beberapa hadiah kecil bagi anak-anak yang tertib, aktif mencatat, serta bisa menjawab beberapa pertanyaan dari Ustadz Agung yang tentunya membuat suasana bertambah seru, bersemangat dan penuh sorak sorai.

Maka, bagi kamu yang belum bergabung dengan SD Islam Abu Dzar atau berada di sekitar wilayah SD Islam Abu Dzar. Yuk, segera merapat dan hadirilah kajian-kajian yang diadakan di sekolah ini. Tentunya selain ilmu yang bermafaat, menambah dan mempererat pertemanan atau persaudaraan kita, disamping itu juga ada hadiah-hadiah yang menarik untuk dilewatkan.

Syukron Jazakumullahu Khairan. (TA)

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Testimonial

Facebook