Pencarian

+

DAUROH AKHWAT KELAS 4, 5 DAN 6 “AKU SUDAH BALIGH”

  • HOME
  • Artikel
  • DAUROH AKHWAT KELAS 4, 5 DAN 6 “AKU SUDAH BALIGH”
DAUROH AKHWAT KELAS 4, 5 DAN 6 “AKU SUDAH BALIGH”
DAUROH AKHWAT KELAS 4, 5 DAN 6 “AKU SUDAH BALIGH”

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 H, bertepatan dengan 15 November 2019 di SD Islam Abu Dzar diadakan Dauroh untuk siswi akhwat kelas 4, 5, 6 dengan tema “Aku Sudah Baligh”.

SD Islam Abu Dzar memandang pentingnya memberikan pembekalan masa baligh ini secara intensif. Tak heran, karena masa baligh ini adalah masa yang membawa banyak perubahan bagi kehidupan wanita. Tidak hanya perubahan fisik, namun juga perubahan pola pikir dan psikologis. Dan yang terpenting, ketika mereka telah baligh, mereka telah menjadi mukallaf yang bertanggung jawab memikul beban syari’at secara penuh. Mereka sudah diwajibkan untuk sholat dan melakukan ibadah wajib lainnya dan mendapatkan dosa jika meninggalkannya dengan sengaja. Maka sebagai pendidik, kewajiban kita adalah mendidik mereka untuk siap menghadapi masa yang penting ini.

Dauroh ini tidak hanya memaparkan ilmu mengenai masa baligh wanita dari segi syari’at Islam, namun juga dari segi psikologis dan medis. Pemateri acara ini adalah para ahli di bidang tersebut, yaitu:

  1. Ustadzah Ummu Muthmainnah, Lc. (Guru Diniyyah SDI Abu Dzar, Alumni Fakultas Syariah LIPIA)

  2. Lestari Diah, M.Psi (Psikolog Muslimah Yayasan Anak Teladan)

  3. dr. Runinda Pradnyamita (Dokter Umum)

Dauroh ini menggunakan konsep yang berbeda dan menarik, yaitu Moving Class Method, Presentation & Sharing Session, dan Simulation Activity. Setiap level menghadiri setiap sesi acara di ruangan berbeda secara bergantian.

Di sesi Diniyyah, Ustadzah Ummu Muthmainnah, Lc. memaparkan tentang berbagai hal berkaitan dengan baligh dalam pandangan Islam, termasuk hal apa saja yang harus dilakukan dan dilarang. Hal yang dipaparkan antara lain: kewajiban menggunakan pakaian syar’i, definisi mahram & larangan bersentuhan dengan mahram, ibadah yang dilarang saat haid, serta tata cara mandi junub.

Di sesi Psikologi, Ibu Lestari Diah, M.Psi memaparkan tentang perubahan fisik, emosi dan sosial yang akan terjadi ketika menjelang pubertas & baligh. Di sesi ini, Ibu Tari mengadakan kegiatan interaktif dimana para siswi secara tim menggolongkan berbagai hal ke dalam kelompok perubahan fisik, emosi dan sosial. Dijelaskan pula perubahan yang umum terjadi dan cara untuk mengatasi hal tersebut. Seperti melatih emosi dan mengendalikan diri, serta menjadi pribadi yang lebih dewasa dan bertanggung jawab.

Di sesi Medis, dr. Runinda Pradnyamita memaparkan secara lebih dalam tentang perubahan fisik biologis yang terjadi pada wanita di masa pubertas dan baligh. Materi dipaparkan dari segi medis dan ditekankan bahwa ini bukan hal yang tabu untuk didiskusikan. Dijelaskan pula berbagai masalah yang kerap muncul serta solusi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan wanita.

Para siswi level 4, 5, 6 menghadiri acara ini dengan sangat antusias. Begitu banyak ilmu yang telah disampaikan oleh para pemateri. Semoga bekal yang diberikan ini menjadi ilmu yang bermanfaat bagi mereka sebelum beramal.

Semoga Allah memberikan pahala berlimpah atas kesabaran kita mendidik ananda sholihah menjadi muslimah yang taat dan bertaqwa kepada Allah. Dan kelak kita menjadi penghuni surga yang dekat dengan Rasulullah shallallahu ‘alayhi wasallam, sebagaimana sabda beliau:

“Barangsiapa yang mengasuh dua anak wanita hingga keduanya baligh, maka ia akan datang pada hari Kiamat, aku dan dia seperti ini (beliau menyatukan dua jarinya).” [Hadits Riwayat Muslim]

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Testimonial

Facebook