Pencarian

+

Class Meeting “Klasik Asik” Dan Dauroh Anak Bersama Kak Muslim “Berlomba Dalam Kebaikan”

  • HOME
  • Artikel
  • Class Meeting “Klasik Asik” Dan Dauroh Anak Bersama Kak Muslim “Berlomba Dalam Kebaikan”
Class Meeting “Klasik Asik” Dan Dauroh Anak Bersama Kak Muslim “Berlomba Dalam Kebaikan”
Class Meeting “Klasik Asik” Dan Dauroh Anak Bersama Kak Muslim “Berlomba Dalam Kebaikan”

Melihat perkembangan prestasi olah raga di Indonesia. Kita dapat mengetahui bahwa Indonesia memiliki banyak prestasi dalam dunia olah raga. Dalam dunia international pun juga sudah banyak prestasi yang dapat kita raih baik dalam olimpiade. Salah satu penyebab mundurnya prestasi olah raga di Indonesia adalah kurangnya pengenalan serta pembinaan pada tingkat usia anak-anak, remaja dan dewasa.

Upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan suatu kegiatan yang tidak pernah lepas dari perhatian kita semua, oleh karena itu perlu adanya strategi yang tepat dalam pelaksanaannya. Salah satu program kegiatan yang sudah dilaksanakan dan masih berjalan oleh SD Islam Abu Dzar berkenaan dengan hal ini adalah Class Meeting. Secara umum manfaat pendidikan Class Meeting ini bagi peserta didik adalah untuk membentuk potensi diri dan kebersamaan setiap individu dalam melakukan suatu kegiatan yang positif dan selalu berlomba-lomba dalam hal kebaikan. Sehingga kami sadar bahwa Class Meeting ini perlu dilaksanakan demi meningkatkan potensi akademik maupun non-akademik bagi pelajar itu sendiri.

SD Islam Abu Dzar kembali menyelenggarakan Class Meeting yang ketiga dengan tema yang selalu baru, seru dan semangat yang memburu dengan berlomba-lomba dalam kebaikan. Kegiatan Class Meeting SD Islam Abu Dzar kali ini mencoba kembali mengenalkan permainan traditional yang sangat di gemari anak-anak di era tahun 70an sampai dengan era 90an yang bertemakan "Klasik Asik Gerakkan Dirimu dalam Kebaikan serta Kejujuran dan Junjung Tinggi Sportivitas". Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 16,17, dan 18 Desember 2019. Adapun tujuan dan hasil yang diharapkan dengan diadakannya Class Meeting ini agar dapat menjadi wadah bagi murid-murid SD Islam Abu Dzar untuk dapat terus mengembangkan hobbi mereka dibidang olahraga. Semoga melalui Class Meeting ini dapat memberikan hasil yang berguna untuk sekolah kita.

Hari pertama diawali oleh sambutan dari Kepala Sekolah SD Islam Abu Dzar, Ustadz Risang Putra Sahlan, S.Pd.I. dan pembukaan yang disampaikan oleh stadz Aditya Bayu Novriansyah, A.Md. dan Ustadz Muhammad Nur Fitrianto, S.Kom, M.Kom., berupa nasihat dan pentingnya menjaga kejujuran serta menjunjung tinggi sportivitas. "Class Meeting pun dimulai!", kata Ustadz Harun dan Ustadz Budi selaku pembawa acara Class Meeting ini. Di mulai dengan babak penyisihan. Adapun perlombaan yang diadakan ada 12 jenis perlombaan, diantaranya adalah futsal, tarik tambang, galasin, boiboian, estafet hulahup, lari estafet, estafet ban bocor, pecah balon air, engrang, bakiak, karpet berjalan, dan panahan. Pertandingan babak penyisihan ini dibuat sesuai antar level seluruh perserta baik ikhwan maupun akhwat mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 6 dengan sistem saling bertemu dan dibagi antara Ikhwan maupun akhwat dengan alur bagan yang sudah dibuat oleh panitia. Para murid-murid mengikuti kegiatan ini dengan antusias. Para pendukung bersorak sorai mendukung temannya yang mewakilkan dari setiap perlombaan, guna mendukung dan membakar semangat kepada para peserta.

Hari ke-2 kegiatan Class Meeting pun dilanjutkan. Dimulai dengan beberapa kategori perlombaan yang belum menyelesaikan babak penyisihan. Dilanjutkan dengan pertandingan babak semi final dan beberapa final untuk beberapa jenis perlombaan. Pada hari ini, keadaan semakin bergemuruh karena seluruh para peserta perlombaan berusaha semaksimal mungkin, memberikan segala energi, kekuatan, kecerdasan, dan ketangkasan agar dapat lolos ke babak final. Dalam beberapa pertandingan tersebut tidak dilaksanakan sepenuhnya, karena beberapa pertandingan final akan diselenggarakan pada acara puncak di hari ke-3.

Partai final pun dilaksanakan pada hari ke-3. Di babak final ini selain waktunya ditambah, ada beberapa perlombaan yang juga ditambah jumlah babak nya agar semakin menarik dan masing-masing memiliki kesempatan tambahan dalam bersaing serta lebih berusaha lagi. Banyak beberapa kejutan di partai final ini, dimana ada beberapa adik kelas yang mampu bersaing dan keluar sebagai pemenang dari beberapa kategori perlombaan. Adapun yang keluar sebagai juara umum adalah kelas 6 Abu Hanifah yang memenangkan 5 (lima) dari 12 perlombaan yang ada. Selain pertandingan final, di hari ke-3 ini juga dimeriahkan oleh beberapa guru dan seluruh karyawan SD Islam Abu Dzar yang turut berpartisipasi dalam meramaikan kegiatan tersebut. Tentunya momen ini sebagai kenangan serta cerita seru dan menarik yang bisa disampaikan serta diceritakan kepada murid-murid bagi para guru dan seluruh karyawan SD Islam Abu Dzar.

Pada hari Kamis, 19 Desember 2019. SD Islam Abu Dzar mengadakan Dauroh Anak bersama Kak Muslim bertempat di Masjid Imam Asy-Syafi'i yang bertemakan "Berlomba Dalam Kebaikan". Dibuka dengan pantun jenaka sebagai ciri khas Kak Muslim, dan permainan-permainan kecil yang menguggah kembali semangat setelah melaksanakan kegiatan Class Meeting selama 3 (tiga) hari kemarin. Kejenakaan dalam setiap mini games ini membuat anak kembali ceria, fokus, dan bersemangat.

Ada beberapa pesan menarik yang disampaikan oleh Kak Muslim pada pagi ini. Berlomba-lombalah dalam kebaikan. Hendaknya seorang muslim selalu berlomba dalam kebaikan dan ketaatan. Perlombaan yang paling disukai Rasulullah adalah perlombaan dalam kebaikan. Ada 4 (empat) poin penting yang disampaikan oleh Kak Muslim dan bisa dilatih untuk anak-anak selama liburan ini, diantaranya adalah :

1. Sebaik-baiknya laki-laki adalah yang berada di shaf terdepan. Sedangkan untuk perempuan adalah shaf yang terbelakang

2. Suka membaca Al-Qur'an

3. Berlomba-lomba dalam bersedekah. Sebab harta itu tidak akan berkurang dengan sedekah. Sebagai contoh kisah Abu Bakar Radhiyallahu Anhu yang menginfaqkan seluruh hartanya di jalan Allah. Dan aku tinggalkan untuk keluargaku Allah dan Rasul-Nya

4. Berlomba menuju ampunan dan surga Allah.

Di akhir dauroh ada pernyataan penting dari Kak Muslim dan bisa kita jadikan sebagai pengingat bahwa setiap perlombaan pasti ada pemenangnya. Dan siapakah pemenang sesungguhnya? Pemenang sesungguhnya adalah orang yang dibebaskan dari api neraka dan dimasukkan kedalam surganya Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Barakallahu Fikum kepada seluruh panitia, peserta dan seluruh orang tua wali murid (Komite Atsar Adzkiya) yang sudah berpartisipasi secara penuh, dan membuat kegiatan acara Class Meeting ini berjalan dengan lancar. Akhirnya kita berdo'a kepada Allah, semoga Allah Subhanahu wa Ta'ala menetapkan hati kita di atas agamanya, mengumpulkan kita semua di dalam surga dan menjaga semua dari api neraka. Sampai jumpa lagi di kegiatan dan kajian yang akan diselenggarakan oleh SD Islam Abu Dzar. (TA)

Syukron wa Jazakumullahu Khairan.

Komentar
  1. Belum Ada Komentar
Tambahkan Komentar

Testimonial

Facebook